Pembelajaran Kooperatif

SKENARIO UMUM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVITION (STAD)

Oleh : ABDUL MUIZ, M.Pd (muiz.math@yahoo.co.id)

Ayo lanjutkan melihatnya denga mengklick di bawah ini…..!

Fase 01. Menyampaikan Tujuan dan Menotivasi Siswa (0’ – 10’)

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

? Menyiapkan siswa terhadap materi baru, dengan memeriksa pemahaman siswa tentang materi terdahulu atau materi prasyarat

? Fokus pada keterampilan dan konsep prasyarat dengan memeriksa tugas-tugas yang diberikan guru atau materi terdahulu

? Menyajikan konsep dan keterampilan spesifik yang akan dipelajari dengan menuliskan materi pokok pada papan tulis serta menyampaikan indikator/tujuan pembelajaran yang ingin di capai

? Mendengarkan penjelasan guru dan memperhatikan topik yang telah dituliskan, sehingga mengetahui apa yang akan mereka dapat dilakukan pada akhir pembelajaran tersebut

? Memotivasi siswa, dengan menyatakan suatu alasan untuk mempelajari konsep atau keterampilan yang akan dijelaskan

? Mengetahui bagaimana materi terkait dengan kehidupan nyata atau keterkaitan materi dengan pelajaran lain dan materi selanjutnya

Fase 02. Menyajikan Informasi (11’ – 25’)

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

? Mendemontrasikan pengetahuan atau keterampilan yang telah ditetapkan baik secara lisan maupun secara tertulis melalui buku teks dan lainnya

? Mendengarkan penjelasan guru dan mencoba untuk memahami teks yang diberikan oleh guru dangan membaca dan/atau mengajukan pertanyaan

? Memandu siswa untuk memahami materi dengan meminta siswa melafalkan beberapa pengetahuan dan memberi bimbingan pada sebuah keterampilan

? Melakukan perintah guru dengan melafalkan beberapa pemahaman dan meminta bimbingan untuk menirukan sebuah keterampilan

Fase 03. Mengorganisasikan dalam Kelompok-Kelompok Belajar (26’ – 35’)

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

? Membagi siswa dalam beberapa kelompok belajar dengan cara mebacakan nama-nama dari tiap kelompok yang telah ditentukan

? Mengatur tempat duduk dan berkumpul berdasarkan nama-nama yang telah dibacakan oleh guru

? Membagikan Lembar Kerja Siswa atau sejenisnya serta bahan-bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas yang telah ditetapkan

? Mendapatkan Lembar Kerja Siswa atau sejenisnya serta bahan-bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas yang telah ditetapkan

? Memerintahkan siswa memahami tugas-tugas yang telah diberikan serta berbagi peran untuk masing-masing anggota kelompok dalam menyelesaikannya

? Membaca dan memahami tugas yang telah diberikan serta menentukan peran atas masing-masing anggota kelompok

Fase 04. Membimbing Kelompok Bekerja dan Belajar (36’ – 60’)

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

? Memerintahkan siswa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dalam waktu tertentu

? Berusaha menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dalam waktu tertentu

? Mempersilahkan siswa menanyakan apabila terdapat kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan

? Menanyakan dan meminta bimbingan guru apabila terdapat kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan

? Memantau kinerja tiap-tiap kelompok dalam menyelesaikan tugas dan sesekali duduk bergantian dalam tiap kelompok

? Menunjukkan hasil kinerja kelompok kepada guru dan mempersilahkan guru untuk memberikan bimbingan khusus terhadap kelompok

Fase 05. Evaluasi (61’ – 80’)

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

? Memerintahkan tiap-tiap kelompok menunjukkan hasil kinerja dalam menyelesaikan tugas

? Tiap kelompok mencari tempat terbaik di dalam kelas untuk menempelkan hasil kinerjanya

? Meminta salah satu kelompok mempresentasi hasil kinerja sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan

? Kelompok yang telah ditentukan, menunjuk perwakilannya untuk presentasi dan kelompok yang lain memberikan tanggapan

? Mengecek pemahaman siswa dengan memberikan soal kuis secara individual dalam waktu tertentu

? Mendapatkan soal kuis untuk dikerjakan secara individual dalam waktu tertentu

Fase 06. Memberikan Penghargaan (81’ – 90’)

Aktivitas Guru

Aktivitas Siswa

? Memeriksa hasil kinerja siswa baik kelompok maupun individual serta memberikan skor

? Mendapatkan skor atas kinerja yang telah dilakukan dalam menyelesaikan tugas

? Membacakan hasil kinerja kelompok dan kinerja individual terbaik, serta memberikan penghargaan

? Kelompok dan individual dengan nilai terbaik mendapatkan penghargaan dari guru

? Meminta siswa menyatakan ulang pengetahuan atau keterampilan yang telah disampaikan

? Menyatakan ulang beberapa pengetahuan atau keterampilan yang telah disampaikan guru

? Memerintahkan siswa untuk mempersiapkan diri untuk materi selanjutnya

? Mendapatkan tugas mempelajari materi yang akan disampaikan selanjutnya


MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF tipe STAD

1. Menetapkan Tujuan Pembelajaran

Dalam pembelajaran kooperatif, pembelajaran dirancang dengan tujuan siswa dapat mengetahui dan memahami sendiri pengetahuan atau keterampilan melalui kegiatan diskusi. Oleh karena itu, sebaiknya kata kerja yang dipilih dalam menetapkan tujuan pembelajaran menuntut siswa untuk berpikir kritis untuk memahami pengetahuan atau keterampilan yang akan dipelajari, seperti: menemukan konsep/rumus, mengidentifikasi sifat-sifat/unsur-unsur/perbedaan dua konsep, serta menyelesaikan permasalah-permasalah yang terkait dengan konsep/rumus.

2. Menyiapkan Buku Siswa/Lembar Kegiatan Siswa

Seperti halnya model-model pembelajaran yang lainnya, buku siswa atau lembar kegiatan isi di buat bertujuan untuk memberikan panduan kepada siswa untuk mencapai tujuan yang telah. Langkah-langkah dalam mencapai tujuan harus ditetapkan melalui tahapan-tahapan yang rinci dan dimulai dengan pengetahuan yang telah dikuasai oleh siswa.

3. Menetapkan Anggota-Anggota Kelompok

Kelompok dalam pembelajaran kooperatif yang baik adalah heterogen berdasarkan jenis kelamin, kemampuan siswa. Dalam pembelajaran kooperatif siswa tidak diperkenankan menentukan sendiri anggota kelompoknya, kelompok harus ditentukan langsung oleh guru karena hanya gurulah yang mengetahui tingkat kemampuan siswa. Untuk itu, yang menjadi dasar-dasar pertimbangan dalam menentukan anggota kelompok adalah hasil belajar yang terdahulu.

4. Menyusun Soal Latihan dan Uji Pemahaman

Sebaiknya soal dalam pembelajaran kooperatif, tipe STAD di buat untuk tiga kegiatan, yaitu:

a. Soal Untuk Diskusi Kelompok

Soal-soal di buat untuk mengarahkan siswa memahami konsep atau keterampilan melalui kegiatan-kegiatan yang menuntuk siswa untuk berpikir kritis, dalam mengelola informasi dan pengetahuan mereka untuk menemukan sebuah konsep dan keterampilan yang baru. Untuk itu, soal-soal yang di buat berbentuk arahan-arahan kepada siswa untuk sampai pada tujuan yang telah ditetapkan.

b. Soal Untuk Uji Pemahaman (Kuis)

Soal kuis merupakan yang singkat dan dikerjakan dalam waktu pendek. Tujuan dari pembuatan soal kuis adalah untuk mengecek pemahaman siswa terhadap pengetahuan atau keterampilan yang telah diajarkan. Dalam membuat soal kuis, sebaiknya bentuk soal berbentuk soal-soal standar dan/atau soal-soal modifikasi, sehingga siswa dapat menyelesaikannya dalam waktu yang singkat.

c. Soal Untuk Pekerjaan Rumah

Seperti halnya pekerjaan rumah yang lasim diberikan, soal pekerjaan rumah bertujuan agar siswa belajar lebih lanjut tentang pengetahuan atau keterampilan yang telah dipelajari. Dalam membuat soal pekerjaan rumah, sebaiknya bentuk soal berbentuk soal-soal modifikasi dan/atau soal-soal terkait, sehingga siswa dapat mengkaitkan materi yang telah diajarkan dengan pengetahuan yang telah dipahami sebelumnya serta mengetahui bagaimana pengetahuan atau keterampilan yang telah dipelajari bermanfaat untuk kehidupan.

5. Memberikan Penghargaan

Penghargaan di buat bertujuan untuk memotivasi siswa dan mengajarkan berkompetisi secara sehat. Untuk itu, penghargaan tidak hanya di buat berdasarkan kinerja kelompok, tetapi juga memperhitungkan kinerja untuk setiap anggota kelompok secara individual. Pemberian skor pada pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak hanya berdasarkan atas skor yang diterima untuk saat ini, tetapi mempertimbangkan hasil skor yang telah diperoleh sebelumnya. Untuk itu dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD, penskoran di lihat berdasarkan tingkat perkembangan skor yang dihasilkan.

About doelmuiz

Salam kenal. Aku adalah seorang guru dan bercita-cita mengabdi kepada Alloh SWT, Nabi Muhammad SAW, Kedua Orang Tua, Agama, Bangsa dan Negara dengan menjadi SEORANG GURU YANG PROFESIONAL
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s